Minggu, 16 Maret 2008

Ada Handel di Sini

Unsur penting lain dalam kurikulum Ambleside Online yang kuikuti adalah apresiasi musik klasik. Dipandu oleh agenda buatan "para senior", anak-anak dalam komunitas kami melakukan studi komposer bersama-sama (sementara para ortu berupaya mendukung lewat diskusi online). Triwulan Januari-Maret ini adalah giliran untuk mendengarkan karya-karya George Friederic Handel (1685-1759).

Porsi waktu terbesar (4 minggu penuh) dihabiskan untuk menikmati oratorio Handel yang berjudul Messiah. Diciptakan musim panas 1741 dan dikonserkan pertama kali di Dublin 13 April 1742, Messiah adalah karya Handel yang paling terkenal, khususnya dalam khasanah paduan suara Barat klasik. [Trims buat seorang teman di milis AO, aku berhasil mengunduh utuh Messiah, lengkap bersama teks liriknya dari awal sampai akhir. GRATISSS! :) Terus terang, walaupun dulu aku lama belajar musik klasik, baru kali ini aku mendengar Messiah yang lengkap, mulai dari Sinfonia sampai Haleluya.]

Maka, Handel pun hadir di sini, menemani Vima waktu makan, panjat-panjat, gambar-gambar ... (Heran, dia bisa juga goyang-goyang badan ngikutin suara tenoris, padahal teknik vokal dan musiknya sama sekali tidak easy listening gitu ... ;-p)

Tidak ada komentar: