Rabu, 01 Agustus 2007

Air, Pasir, dan Balon Gas

Untuk membuat anak batita Anda terpukau, Anda tidak perlu membeli mainan-mainan mahal. Batita yang sehat dan bahagia akan tertarik kepada apa saja di sekelilingnya. Buat Vima: air, pasir, atau balon gas (juga benangnya) sudah membuatnya lebih dari betah untuk diam. Sungguh mempesona bagiku untuk melihat bagaimana perhatian seseorang bisa begitu terfokus untuk mempelajari sesuatu.



Seperti dibilang pioneer sekolah rumah Amerika, John Holt: seorang anak secara alamiah selalu ingin untuk ambil bagian dan terlibat dalam dunia. Jika Anda cukup mempercayainya, maka ia akan belajar tentang semua hal dengan gembira. Tanpa harus disuruh-suruh, tanpa harus diancam-ancam. Inilah sepasang mata yang selalu memandang segala hal dengan penuh minat. Inilah sepasang tangan dan sepasang kaki yang ingin menyentuh, mengotak-atik semua-muanya. Ia tidak takut kotor, tidak gampang jijik, dan nyaris tidak kenal bosan.

Aku percaya Vima sudah dibekali Tuhan bakat alamiah untuk belajar itu. Jadi, bukan Vima yang harus disesuaikan dengan sistem sekolah, tetapi sistem sekolah-lah yang harus disesuaikan dengan karakter Vima!
Ya, nggak, Vim?


Ya, ya, YAAAA ....

Tidak ada komentar: